Wednesday, March 22, 2017

Perjalanan Panjang menjadi Pengajar Muda

Sungguh hati ini sudah tertambat sejak 2011 lalu saat ingin menjadi Pengajar Muda.
Saya lupa persisnya kenapa saya begitu tertarik, tapi saat itu saya membaca di koran nasional mengenai gerakan yang mengirimkan sarjana terbaik bangsa ke pelosok Indonesia. Mereka diberdayakan untuk mengajar di SD yang kekurangan tenaga pengajar sekaligus untuk menggerakkan masyarakat sekitarnya.
Saat itu saya belum ingin menjadi Pengajar Muda, sungguh mimpi itu seperti jauh bila ingin saya gapai. Saya merasa ini adalah sebuah program yang luar biasa, terlebih melihat semangat pengorbanan para Pengajar Muda saat itu.

Saturday, March 18, 2017

Catatan Seperempat Abad

Hari ini genap usia saya 25 tahun (padahal angkanya ganjil).
Dan saya merayakannya di salah satu pulau kecil Indonesia, gugusan kepulauan di Natuna.
Merayakan dalam hening, sepi, reflektif dan penuh mawas diri. Jauh dari keriuhan kota atau ramainya perayaan ulang tahun seperti pada umumnya. Biarlah, toh semakin tua kan kita semakin sering merayakan ulang tahun.

Thursday, March 9, 2017

Purnama Kedua: Mengecap Pendidikan Natuna

Melewati bulan kedua di Natuna sebagai seorang guru SD, saya sudah menemukan banyak hal menarik mengenai pendidikan di Natuna. Baiknya bila saya mulai dulu dari tugas keseharian saya di SDN 007 Setumuk. Menjadi Pengajar Muda di tahun kedua yang hadir di Natuna tentu bukanlah hal yang mudah bagi kami berdelapan. Meski tak menampik tugas ini sudah sangat terbantu oleh angkatan tahun pertama yang sudah menjadi perintis hadirnya Pengajar Muda di Natuna. Apalagi dengan 5 tahun berdirinya Indonesia Mengajar kala itu, beberapa pihak sudah mengetahui sepak terjang yayasan non profit ini sebelumnya sehingga Pengajar Muda XI, yang menjadi PM perintis di Natuna tidak terlalu sulit mengenalkan dirinya pada instansi atau pekerja di ranah pendidikan.
Selepas tugas, PM XI yang kemudian dilanjutkan oleh kami berdelapan sebagai PM XIII, selain menjalin komunikasi yang sudah berjalan baik sebelumnya dengan beberapa pihak, kami pun ingin mempertegas tugas dan fungsi hadirnya Pengajar Muda di kabupaten Natuna.