Mengendarai Sepeda di Tanah Landai Belanda

Tema: Tanah


Belanda terkenal sebagai sebuah negara yang letak tanahnya lebih rendah dari air. Sementara itu kondisi permukaan tanahnya cenderung datar, jarang yang berbukit- bukit. Karena permukaan tanahnya yang datar ini, Belanda pun menjadi negara yang aman dan nyaman untuk dijelajahi dengan sepeda. Belanda juga terkenal sebagai sebuah negara yang orang- orangnya inovatif. Jadi tak perlu heran bila inovasi orang Belanda pun turut memperbarui sistem bersepeda di negara yang terkenal dengan warna kebangsaan oranye ini. Salah satu inovasi yang digagas Belanda adalah membuat sebuah negara yang ramah bagi pesepeda dengan menyediakan sistem transportasi yang terstruktur untuk sepeda. Jalur sepeda yang dibangun sepanjang 20 ribu kilometer disertai dengan rambu- rambu jalan khusus pesepeda semakin mengukuhkan Belanda sebagai negara pelopor bicycling trend di dunia.

Awalnya bersepeda menjadi gaya hidup di Belanda sejak tahun 1970an, tepatnya sejak diberlakukan jalur- jalur khusus pesepeda oleh pemerintah Belanda. Lebih jauh lagi, sebelum masa Perang Dunia II, kegiatan bersepeda di Belanda sudah mulai lazim dilakukan untuk bepergian meski dengan kondisi jalan yang belum ramah sepeda. Setelah Perang Dunia II, popularitas sepeda sempat menurun seiring dengan kondisi jalan yang berubah. Barulah pada tahun 1975, setelah Belanda mengalami puncak kemakmuran negaranya, diterapkanlah sebuah peraturan untuk mengurangi populasi mobil dengan sistem car free day. Di car free day ini dinilai turut mengubah perilaku bepergian dengan mobil serta terbukti mengurangi emisi polutan dari kendaraan bermotor di Belanda.
Rambu- rambu khusus pesepeda di Belanda. Rambu ini juga menujukkan arah 
dan jarak ke kota terdekat (gambar dari
 sini)

Di satu sisi, tentu ada gaya hidup yang total berubah bagi masyarakat Belanda kala itu karena kehidupan mereka yang makmur harus sedikit mengurangi ketergantungannya pada mobil dan diwajibkan untuk menghemat energi alam. Di sisi lain, dibangunlah jalur- jalur sepeda dan dibuatlah peraturan tetap untuk menggiatkan kembali bersepeda. Jalur sepeda yang pertama di Belanda dibangun di Tilburg dan The Hague.

Orang Belanda dan sepeda adalah dua hal yang tak terpisahkan. Belanda juga punya reputasi yang baik soal bersepeda dan memiliki jumlah pesepeda terbanyak di dunia, dengan jumlah sepeda yang diprediksi melebihi jumlah populasi orang Belanda. Jalur khusus sepeda dan semua unsur transportasi yang menunjang kegiatan bersepeda ini bahkan dibuat senyaman dan seaman mungkin bagi para pesepeda dan ada di hampir seluruh jalan di Belanda.
 
Deretan sepeda- sepeda di tempat parkir khusus sepeda. (gambar dari sini)

The Dutch are born on their bikes! Bersepeda merupakan salah satu kegiatan favorit orang Belanda. Bagi mereka, sepeda tak hanya sekedar alat transportasi tapi juga merupakan bagian dari hidup mereka. Belanda punya kultur bersepeda yang populer, sebanyak 27 persen masyarakat Belanda terbiasa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi mereka. Jumlah tersebut merupakan angka yang terbesar dibandingkan dengan negara- negara lainnya.

Beberapa negara, seperti Amerika Serikat bahkan meminta saran saat akan membuat regulasi di negara mereka sendiri dan menerapkan sistem jalan bersepeda seperti di Belanda. Bagi orang Belanda, dengan bersepeda maka setidaknya mereka telah turut berkontribusi dalam kebersihan, bergaya hidup sehat, dan menjadikan sistem transportasi lebih efisien.

Menjelajah dari satu tempat ke tempat lainnya di Belanda amatlah menarik untuk dikunjungi dengan bersepeda. Iklim Belanda yang cukup sejuk khas negara maritime turut menunjang wisata dengan sepeda. Di beberapa sudut kota Belanda, seperti di Amsterdam, anda akan menemukan banyak rental sepeda. Menikmati keindahan kota- kota besar di Belanda akan terasa menyenangkan dengan bersepeda. Biasanya rental sepeda akan selalu ada di pusat- pusat kota Belanda.
Jalur merah merupakan jalur bagi khusus bagi pengendara sepeda. (gambar dari sini)

Jangan khawatir tersesat jika anda berwisata dengan sepeda di Belanda. Rambu- rambu di jalur sepeda selalu menuntun anda, bahkan anda bisa bersepeda hingga ke kota- kota terdekat lainnya. Tanda lalu lintas bagi pesepeda di Belanda juga dirancang dengan rambu lalu lintas dan jalur berwarna merah dengan tulisan putih sehingga mudah dikenali oleh masyarakat maupun turis yang hendak bersepeda.

So, let’s ride the bike!


ditulis oleh: Hanna Suryadika

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Cycling_in_the_Netherlands
https://bicycledutch.wordpress.com/2011/10/20/how-the-dutch-got-their-cycling-infrastructure/
http://www.holland.com/global/tourism/article/bikes-and-public-transportation.htm
http://www.holland.com/global/tourism/article/holland-by-bike.htm
http://www.fietsberaad.nl/library/repository/bestanden/CyclingintheNetherlands2009.pdf

Comments

Popular