Thursday, August 28, 2014

Terbang ke Gerbang Dunia

Sebuah perjalanan,  adalah sebuah pelajaran dan pengalaman spiritual. Kemanapun kakiku melangkah, selalu ada hal yang menakjubkan, bisa dipelajari dan juga membuatku tak henti terpana. Bayanglan, belum seluruh jejak dunia atau bahkan separuh negeri ini yang kujalani, tapi keindahan masing-masing tempat membuatku takjub pada pandangan pertama. Pengalaman spiritual, mungkin kata yang tepat saat takjub akan pengalaman dari sebuah perjalanan, lantas mengingat kebesaranNya yan agung.

Saya adalah orang yang gemar bepergian. Dari satu kota ke kota lainnya, meski bukan karena urusan bisnis. Mimpiku setidaknya dalam hidup ini saya bisa menyinggahi setidaknya satu negara di lima  benua dan juga keliling Indonesia. Obsesiku keliling Indonesia bahkan mulai terwujud satu persatu dari beberapa tahun belakangan ini.

PR Lama untuk Presiden Baru

Pilpres 2014 akhirnya berakhir dari serangkaian acara yang panjang ini. Setelah banyak drama dan pertentangan di sana- sini, ternyata banyak hal yang bisa saya kumpulkan dari ceceran hajatan Pilpres 2014 tersebut.
Dengan ditolaknya gugatan kubu Prabowo- Hatta oleh Mahkamah Konstitusi, maka pasangan Joko Widodo- Jusuf Kalla dipastikan keluar sebagai pasangan Presiden- Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih.
Terlepas dari awamnya saya, yang baru bisa memilih Presiden 2 kali karena faktor umur yang baru cukup saat itu, kini saya beranikan diri untuk membuat sebuah catatan kecil. Catatan untuk calon Presiden Indonesia yang ke 7,setelah Susilo Bambang Yudhoyono. Menilik Indonesia dan segala macam permasalahan yang ada di dalamnya memang bukan salah satu kegiatan favorit saya. Namun rupanya saya begitu rajin mengingat apa saja permasalahan krusial di masa kepemimpinan presiden SBY. Tanpa bermaksud untuk menilai atau mengevaluasi kinerja SBY, catatan kecil ini sekadar bentuk keprihatinan sebagai rakyat biasa untuk Indonesia sekaligus meletakkan harapan di presiden baru.
Sebagai rakyat Indonesia, banyak permasalahan yang saya alami dan amati sekaligus. Permasalahan- permasalahan ini saya sebut sebagai sebuah pekerjaan rumah (PR) bagi presiden baru. Berikut saya jabarkan harapan dan PR yang saya catat sebagai sebuah permasalahan krusial yang harus diselesaikan oleh Presiden dan kepemerintahan baru di depan.
Meski saya bukan siapa- siapa, hanya orang yang punya harapan dan kepedulian bagi negeri (setelah lama apatis, kali ini tidak), ada lima poin dari kacamata saya yang krusial untuk diselesaikan dan dituntaskan. Berikut saya jabarkan lebih lanjut

Monday, August 18, 2014

Wonderful Indonesia: Geliat Keindahan Raja Ampat

Raja Ampat pertama kali sekali menyambangi pikiran saya sejak 4 tahun lalu. Gambar keindahan lautnya menghampiri saya dalam sebuah laman twitter milik seorang teman. Melalui ujarannya yang berharap kelak diberi kesempatan ke Raja Ampat, disitulah saya mengenal bahwa keindahan itu ada di Papua. Sempat terpikirkan bahwa keindahan pulau dan laut yang ada di gambar tersebut ada di Thailand, Hawaii atau bahkan Maladewa, namun nyatanya keindahan itu lebih dekat dari yang saya perkirakan.

Raja Ampat, sebuah wilayah kepulauan, kabupaten yang baru berusia 10 tahun di Papua Barat. Terletak di jantung tempat berpusatnya segitiga karang dunia, Raja Ampat punya beragam keanekaragaman hayati laut yang terkaya di dunia. Saya mengingat baik- baik informasi itu, menyimpannya dalam benak saya seraya berdoa kelak diberi kesempatan untuk menyambanginya. Hari- hari berikutnya ranah sosial media saya kembali ramai oleh foto keindahan bawah laut di Raja Ampat. Wah! Indahnya Raja Ampat semakin membius perhatian saya. Warna- warni berjenis ikan dan koral serta indah lautnya merupakan suatu hiburan yang menenangkan bagi mata.

Sunday, August 17, 2014

Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare

Setelah setahun lalu saya baru selesai bikin postingan umum tentang Kampung Inggris, Pare di sini. Nah kali ini pengen lebih spesifik deh bahas Kampung Inggris. Soalnya ternyata masih banyak banget yang tanya- tanya soal Kampung Inggris.

Mungkin akan saya beberkan beberapa sifatnya poin- poin seputar Kampung Inggris aja kali ya. Semoga bermanfaat

Saturday, August 16, 2014

Menjadi Sarjana

1 gelar. 10 semester. 5 tahun. 145 sks. 2 karya tulis besar. Puluhan rim kertas (atau bahkan ratusan). Dan ratusan ribu kenangan, pengalaman dan pelajaran.

Semua ini dimulai sejak tanggal 24 Agustus 2009.
Resmi memutuskan diri untuk menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS ketimbang Ilmu Psikologi Undip (bukan karena ga bagus lho ya), saya akhirnya mengikuti ospek hari pertama.
Ngga mudah memang masa transisi dari SMA ke kuliah, apalagi saya langsung merantau, sendirian tanpa kenal siapapun awalnya di Solo.
Dan saat itulah ribuan hari selanjutnya terlewati.

Rindu

Barangkali rindu memang menyimpan sendu
Barangkali rindu itu pula jark terjauh sekaligus terdekat kita
Kita tak pernah memanjat harap yang sama sebelumnya
Sejak rindu itu ada
Ia mulai mengusik malam-malam tenang

Barangkali rindu adalah waktu terdekat kita
Saat kita saling mendoakan dan peduli satu sama lain
Rindu pula yang mungkin menjadi mistar pemisah kita
Ia yang mengingatkan kita bahwa rasa ini takkan pernah melangkah kemanapun