Thursday, March 13, 2014

Ilmu dari Local Leaders Day 2014

Berbicara soal berbagi ilmu yang sudah saya dapatkan selama mengikuti 3 hari Local Leaders Day 2014 Akademi Berbagi di Salatiga, saya sempat bingung. Kenapa bingung? Awalnya saya masih menebak- nebak bagian cerita dan pengalaman manakah yang harus saya bagi kepada teman- teman dan para pembaca blog saya. Selama 3 hari di sana, semua pengalaman yang saya alami adalah sebuah hal yang amat menarik dan bersifat personal. Personal karena kamu nggak akan bisa merasakan energi yang sama seperti apa yang dialami semua relawan disana. Benar- benar energi positif dan gembira.
Baiklah, tapi tak ada salahnya mulai membagi materi dan inspirasi yang bisa saya garisbawahi selama acara tersebut.

Sesi mas Donny BU dari Internet Sehat. Waktu itu mas Donny bilang kalau sekarang ini kasus kekerasan seksual di internet pada anak- anak sudah meningkat. Pemicunya salah satunya adalah karena semakin banyaknya orang- orang yang meletakkan identitas pribadinya secara lengkap di internet plus sudah semakin terbaca jadwal dan rutinitasnya dari update-an social medianya seseorang. Hal ini akhirnya menyebabkan pencurian identitas. Seseorang bisa saja mengambil foto dan identitas profesi anda yang sudah terpampang di dunia maya, kemudian mengincar orang lain lagi dengan menggunakan identitas anda tersebut, dan menjebaknya. Alhasil, ya kasus itu tadi, pelecehan seksual pada anak- anak seumur SD untuk dijebak dengan profil palsu yang dicurinya. Intinya sih, membuka identitas atau data diri di internet itu sah- saja aja, asal kita tahu resiko apa yang akan terjadi saat kita menyebarkan data tersebut, jadi paham juga cara mengatasi masalah yang nantinya akan muncul.

Tuesday, March 11, 2014

Local Leaders Day Akademi Berbagi

3 Hari kemarin, saya dan teman-teman relawan Akber Solo ikut acara Local Leaders Day 2014 (LLD2014). Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 200 orang relawan Akber Nasional dari 35 kota se  Indonesia ini bertempat di Pondok Remaja Salib Putih, Salatiga.

Dan Akber Salatiga menjadi tuan rumah, selain sebagai panitia lokalnya. Selain panitia lokal, ternyata ada juga panitia intinya di Jakarta. Pokoknya salut deh untuk seluruh panitia. Bayangkan, ada 200 orang relawan datangdari puluhan kota yang berbeda-beda, mereka juga harus menyiapkan konsep acara yang keren kan supaya relawan-relawan ini bisa mendapatkan sesuatu? Dan berhasil! Setidaknya buat saya, ini bener-bener menginspirasi dan bikin saya bahagia karena bisa punya banyaaaakk temen baru. Aih followers juga nambah banyak, hahhaha.

Sunday, March 2, 2014

Surat Apresiasi

Surat cinta untuk ke dua tukan posku @ikavuje dan @MungareMike

Selamat sore semuanyaaa :D
Senang sekali masih bisa bertemu kalian berdua di penghujung program ini meski hanya melalui surat.
Pertama, saya mau mengucapkan terima kasih untuk kak Ika dan kak Mike yang sudah menjadi tukang posku selama 30 hari ini.
Terima kasih karena sudahh sabar, cermat, dan mengapresiasi semua tulisanku (dan peserta lainnya) selama program ini. Tentu banyak waktu kalian yang dihabiskan selama mengurusi surat-surat ini. Dan selama itu pulalah kalian sabar dan tekun mengkurasi semua surat yang masuk.

Terima kasih juga karena sebagai tukang pos, kalian tetap konsisten. Kalau kak Ika konsisten ngomentarin setiap posting surat, nah kak Mike konsisten nulis surat di Dua Hati, bahkan ngomen juga ya pas gantiin kak Ika jadi tukang pos. Waah, kalian keren! :D

Saturday, March 1, 2014

Yang Tertunda

Dear Scofield..
Sudah berapa hari ya kita gak ketemu?
Saya rindu sih tapi banyak kerjaan yang bikin saya sibuk jadi ngga bisa punya waktu luang ketemu kamu.
Sebenarnya juga seharusnya bukan di hari ke 29 ini saya kirim surat untukmu. Karena dari awal program ini saya sudah merencanakan untuk menulis surat buatmu di surat cinta bertema untuk tokoh fiktif. Tapiiii ternyata surat bertema itu dihapus, sediiiihhhh :'((((((  *bosseee, kenapaa dihapus bosseee?*
Jadi ya inilah surat saya yang tertunda, akhirnya bisa saya kirimkan juga. Ehehehe.