Wednesday, January 1, 2014

2013 Itu Seperti...

Setelah lengkap 1 tahun berlalu di 2013, maka kalau diperkenankan merangkum tahun 2013, posting kali ini akan saya bikin untuk me-review tahun 2013.
Well, welcome 2014! Happy New Year!

Jadi, berdasarkan pengalaman di tahun 2013, maka hidup di tahun 2013 itu adalah sebagai berikut:
1. Menunggu tukang nasi goreng yang lama ngga muncul, eh ternyata emang ga muncul- muncul. Tapi giliran lagi ga mau makan nasi goreng, lah dia jualan!
2. Menanti apa yang diharapkan, tapi ga kejadian. Giliran yang lagi tidak diharapkan, malah kejadian. Apes!
3. Ada yang bergegas, memburu waktu, tapi tidak mendapatkan pelajaran apa- apa dari yang dijalaninya.
4. Sementara, ada yang bergerak perlahan, singgah di banyak tempat untuk belajar tentang hidup, makanya ia tak bisa bergegas dan tergesa beranjak.
5. Kadang, orang yang kita benci banget malah sering banget ketemu. Pret!
6. Seperti doorprize dan kuis- kuis lainnya, kalau hadiahnya sepele maka peluang menangnya besar. Tapi giliran hadiahnya sepeda motor, blah! koneksi internet aja seketika keok gara- gara dikejar sama orang seIndonesia.
7. Ada kalanya kamu di hadapkan pada posisi: "mau menyelamatkan orang atau diri sendiri?" Pilihan yang sulit, tapi kita sudah men-setting default answer untuk alasannya; "ya tergantung kasusnya sih"
8. Sama sulitnya seperti mau makan siang nasi sayur yang deket atau nasi soto yang rumah makannya jauh? Akhirnya milih makan nasi soto aja, biarin deh jauh yang penting lebih nikmat dari nasi sayur. Eh pas udah sampai di warung nasi soto, tukang dagangnya tutup. Gimana rasanya menurutmu?
9. Kadang keberuntungan itu bergantung pada koneksi internet. Ya misalnya cari tiket promo, online auction, ikutan kuis, lucky game, dan soal games POKOPANG aje juge butuh internet dooongg. What a life! Ya begitu itu hidup di 2013. Sepele emang, tapi kalo karena internet koneksi yang putus- nyambung gitu bisa gagal, ya gondok juga emang. Sabar ye bro sist, i've been there.
10. Kadang (lagi nih) yang ada di posisi paling atas itu sebenarnya posisi paling enak, paling enteng dari segi tenaga, tapi (seharusnya) tidak dengan pikirannya punya tanggung jawab besar. Tanggung jawab itu adalah tugas termahal yang pernah ada di hidup manusia.

11. Hidup itu meja pertaruhan terbesar. Salah sedikit ngambil jalan, ngga bisa lagi balik ke masa itu buat ambil jalan lain. Maka, perhitungkanlah langkah hidupmu sebaik- baiknya. Tapi pastikan jangan kelamaan juga, nanti kesempatan yang ada keburu hilang :)
12. Sering kali, kita khawatir banget akan apa yang terjadi 'nanti'. Lah, padahal siapa yang tahu soal 'nanti' itu? Ngga ada! Terkadang kita terlalu sibuk bikin plan A-Z, padahal hidup sudah berjalan. Life is what happens to you while you're busy making other plan, itu kata John Lennon.
13. Nah karena poin 12 tadi, udah sering kita bikin rencana A eh malah yang terjadi tidak sesuai dugaan, dan malah yang terjadi itu di luar ekspektasi. So, what's you gonna do?
14. Terlepas dari gagalnya rencana yang kita buat untuk hidup kita, saya belajar 1 hal penting. Dalam segala suasana, kondisi, dan situasi (sama aja sih artinya) kita belajar banyak. Maka, benarlah pepatah yang mengatakan: Pengalaman adalah Guru yang Terbaik. benarr??
15. Ikhlas, merelakan, memaafkan, dan menerima adalah pelajaran berharga dalam hidup. Pelajari dan lakukan hal itu, maka setidaknya ada satu beban berat yang lepas dalam hidupmu. Tidak mudah untuk ikhlas, apalagi untuk hal tersulit yang telah kita lepaskan, tapi bukankah perasaan tidak rela itu yang malah akan semakin menyiksa hidup? Menurut saya sih begitu.
16. Ada banyak orang yang (mungkin) tidak senang dengan apa yang telah kita raih, atau bahkan mimpi- mimpi yang akan kita gapai. Tapi cobalah untuk berpikir positif, setidaknya itu membantu kita menangani masalah yang ada. Ya jaga- jaga aja, kali aja dia mau menjegal langkah kita (lah, ini mikir positf apa negatif jadinya, yak?)
17. Dunia boleh meragukanmu, tapi tidak dengan dirimu sendiri. Yakinlah akan kemampuanmu. Kalau bukan kamu yang percaya pada dirimu sendiri, lantas siapa lagi?
18. Setiap orang punya mimpi dan cita- cita. Buat apa menjegal orang lain kalau kita juga punya mimpi yang menunggu untuk diwujud-nyatakan?
19. Kalau mau marah, pikir dulu. Tahan hmmm, 15 menit deh. Akan terasa sedikit irasionalnya emosi marah tadi. Tapi, untuk beberapa kasus, saya pun belum lolos uji emosi ini.
20. Last, but not least. 2013 itu buat saya adalah tahun pendewasaan dan pembelajaran. Banyak pelajaran berharga di sini. Banyak uji ketahanan yang saya coba ke diri saya sendiri. Tahan emosi itu yang paling susah, tapi saya punya pikiran: how to make a peace world. Ngapain sih lu ribut sama orang yang kalo lu ladenin juga kalo menang ga bikin bangga, kalah malah bikin malu. Buat apa adu argumentasi kalo dari argumen itu cuma ada rasa bangga 20 detik yang selanjutnya menguap? So, please... read this one, carefully, very slowly, read this, i mean it: Make a better world.

Happy New Year!
May God Bless You along this year, forever and ever.

-hanna siahaan-

6 comments:

  1. wah, selamat tahun baru. semoga melulu ditumpahkan segala rupa keberkahan oleh-Nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Happy new year!!! Gw setuju sama jhon lenon. Kadang karena kita membuat rencana terhadap diri sendiri, bikin hidup berasa dalam kotak..

    Jadi klo gak ada plan, kita masih bisa idup kok selama masih ada harapan di otak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy New Year, kak Tom! Terima kasih sudah membaca

      Delete