Thursday, March 28, 2013

Belajar Hidup di Kampung Inggris Pare Kediri

Setahun lalu, saya pernah ikut kursus bahasa Inggris di Pare. Pare itu entah sejak tahun berapa terkenal sekali karena kursusan bahasa Inggrisnya yang banyak dan berjenis- jenis. Ada yang khusus untuk belajar Grammar, atau Speaking saja, atau Preparation TOEFL, atau ada juga yang versi lengkap mulai dari Grammar, Speaking, Listening, English for Work, Understanding Conversations, dan lain- lain. Tarifnya beragam kalo tahun lalu, mulai dari 75 ribu hingga 150ribu per program per 2 minggu. Tergolong murah memang dibandingkan dengan kursus bahasa Inggris yang bisa kita dapatkan di kota- kota besar.


Sebenarnya pada Juli 2011 saya juga pernah kursus di Pare, saat itu saya ikut camp di The Expert. Tarifnya cuma 350 ribu untuk sebulan. (Ya dan kemudian saya sadar dalam setahun itu harga kursus di Pare cepat sekali naiknya). Dengan fasilitas ikut kelas 5 kali setiap hari Senin- Jumat plus nge-camp disana . 

Ini dia Camp The Expert. Sederhana sih tapi menurut saya ini salah satu Camp terbersih dulunya. 

Yang dimaksud dengan nge camp itu seperti layaknya kita hidup di asrama. Setiap hari (kecuali Sabtu dan Minggu) diharuskan bangun paling lama jam 6 pagi, dan sudah harus kembali ke camp pkl 21, dan tidur pkl.22. Setiap hari kami punya 5 kelas, diawali dari Speaking Class (subuh- subuh ini bro!), kemudian break sarapan dan mandi.