Saturday, May 11, 2013

First Day of ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013


1st day of ASEAN Blogger
Jumat, 10 Mei yang lalu, hoki banget rasanya saya bisa gabung di event ASEAN BLoger Festival Indonesia! Kali ini saya mewakili Akber Solo, dan diundang perwakilan komunitasnya sama mas Hendri.
Acara ABFI 2013 ini diadakan di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo! Ya seneng banget lah ya ABFI mampir ke Solo. Ngapain aja sih hari pertama nya? Nih kali ini saya ceritain ya

Sebenernya garis besar acaranya itu ya seminar gitu. Setelah sebelumnya pemberian kata sambutan yang dilanjut peresmian pembukaan acara ABFI 2013 ini. Maka dimulailah keseruan yang akan dilakukan oleh bloggers dari sleuruh Indonesia dan negara- ngeara ASEAN lainnya selama 3 hari ke depan!
Setelah itu coffee break tepat jam 10 pagi, lalu disusul sesi 1 dimulai.

10.00
"Indonesia in Your Hand"
Ini presentasi disampaikan oleh @masJspot yang katanya akun twitternya baru dibuat 36 jam sejak dia presentasi itu. ini sebenernya presentasi soal aplikasi games untuk android itu.
Selanjutnya acara dimulai dengan seminar "Re-inventing the Spirit of Cultural Heritage in  Southeast Asia".
Pembicaranya siapa aja? Ada Thomas Bill dari US Mission to Indonesia, Hazairin Pohan dari Kementerian Luar Negeri Indonesia, dan Muh. Dian Nafi seorang ahli sejarah dan budaya.
Jadi, ternyata ada rencana untuk membangun ASEAN Community di tahun 2015. ASEAN Community 2015 itu meliputi 3 hal:
- ASEAN Political- Security community,
- ASEAN Economic Community, dan
- ASEAN Socio-Cultural Community
Sayangnya, kali ini tidak ada sesi tanya jawabnya,jadi langsung lanjut ke sesi 2 yang ternyataaaa... seru banget!
Ini dia Sesi pertama di hari pertama. Nah itu si Bill sebelum mulai seminar, dia sempet foto para blogger pake tab nya :D

10. 49
"Into New ASEAN 2015" itu judul sesi kedua hari pertama ABFI ini. Pembicaranya Prof. Hermawan Kartajaya.
Beliau adalah seorang ahli marketing, dan kali ini presentasinya luar biasa, keren banget!
Dari awal acara ABFI ini dimulai kan memang dirancang untuk semua pembicaranya menggunakan bahasa Inggris, tapi emang saya agak terkendala untuk memahami bahasa- bahasa ribet yang bukan untuk digunakan dalam percakapan.
Apa aja sih yang disampaikan Prof. Hermawan?
"YWN: Into New ASEAN 2015- The Thirteen Game Changers for Bloggers as Marketeers"
Itu judul presentasinya aja lho ya, panjang sih tapi ternyata menyenangkan kok. YWN itu apa sih? JAdi YWN merupakan singkatan dari YOUTH, WOMEN, and NETIZEN. Jadi ketiga unsur tadi ini lah yang akan menghasilkan perubahan di masyarakat.
ini livetweet saya saat sesi Prof. Hermawan berlangsung di hari pertama ASEAN Blogger Festival 2013.
 Lengkapnya sih soal kenapa mesti bentuk komunitas yang digagas untuk ASEAN , kenapa juga mesti ASEAN, dan YWN itu kenapa juga bisa bawa perubahan, bisa disimak semuanya di slide Prof. Hermawan yang dapat diunduh disini.

Prof. Hermawan dan slide YWM nya. 

13.39

Acara masih lanjut nih ke sesi berikutnya. Temanya: The Role of Social Media in the ASEAN Socio-Culture Community Building.
Sesi kali ini pembicaranya: Budi Putra (CEO nya The Jakarta Post Digital) dan @venustweet (blogger).
Intinya sesi ini sih, Indonesia itu sebenernya punya pengguna internet, sosial media, dan blogger yang banyak nih. Dan justru seharusnya setiap blogger di Indonesia bahkan seluruh negara- negara ASEAN mesti rajin nulis soal pariwisata dan keindahan negaranya masing-masing. Promo soal negara kita dimulai dari tangan- tangan para blogger di negara kita.

14.32

Kali ini masuk seminar soal ASEAN Tourism Potentials. Pembicaranya ada  Fransesca Nina Soemitro yaitu Director of Market Development Information the Ministry of Tourism and Creative Economy Indonesia. Oh ya, sama ada Pak Widdi Srihanto beliau adalah Kepala Dinas Pariwisata Solo.

Ada yang menarik, kali ini pak Widdi cerita kalau Solo pula target besar untuk potensial turisme nya, yang dinamakan: SOLO ROAD MAP 2013- 2025, yaitu sebagai demand generator bagi pengembangan budaya , industri pariwisata dan kreatif.

Jadi, tahun 2013- 2015 Solo mau dibuat sebagai Festive City. 2016-2019 mau dibuat Theatre of Community Arts. 2020-2022 sebagai Pioneer of Eco-Arts, dan GRAND GOAL nya di 2022-2025 yaitu SOLO sebagai ARTe-Polis, kota yang khas dengan kebudayaannya.

Dannn....

16.00 - 17.30

Finally, we have the last session! Fun gathering!
Ya kali ini para bloggers dari perwakilan negara di ASEAN menunjukkan aksinya dengan Fashion Show. Ih rame bener. Riuh, sampe- sampe saya telat ngambil momen, dan keburu kehalang temen- temen blogger lain yang mau foto.
Kan! saya telat ngambil gambar nih keduluan bloggers lain yang pengen foto2 Blogger ASEAN pada  catwalking.

Jadi begitulah cerita hari pertama ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 dari saya. Hari pertama itu melelahkan banget tapi nambah ilmu nya ga setengah- setengah. SEru karena banyak pelajaran yang bisa saya dapet. Yaa~ jelas lah ya makin nambah kenceng laju saya untuk terus menjaga konsistensi blogging :D
Rame banget nihacaranya ABFI 2013 ini. Oh ya, dan ada cameramen USee TV  yang selalu siap menayangkan live streaming acara ini di tengah- tengah kami. Jadi acara ini bs disaksikan kalian semua di USee TV.

Enjoy reading!

-hanna siahaan-

2 comments: