Monday, May 13, 2013

2nd Day on ABFI 2013: Full of Fun!


Yeay! Hari kedua ASEAN Blogger Festival 2013 ini, dimulai jam 8 pagi dan masih di Kusuma Sahid Prince Hotel.
Agendanya sih hari kedua ini mau diajak City Tour keliling Solo dan juga hari ini ada kelas yang kita kudu milih dan daftar dulu nih untuk ikut kelasnya.
Akhirnya, setelah hari sebelumnya dulu- duluan buat daftar kelas, saya berhasil ikutan kelas yang saya suka: cooking class dan photoblogging!

8:30

Sesi pertama di hari kedua tentang sharing soal negara- negara di ASEAN. Ada pariwisata alam apa aja sih di negara ini, makanan khas nya apa, karakteristik alamnya gimana, pakaian tradisionalnya apa, dan lain- lain. Dan semua materi presentasi dari negara- negara ASEAN ini disampaikan oleh blogger asli asal negara tersebut.

Ini nih dapet brosur keren dari blogger Filipina. Suka banget! Unik brosurnya karena bisa dipotong sesuai bagian tempat2 wisata yang di deskripsikan di bagian potongan brosurnya :D

10:18
Cooking Class di ruang Sriwedari Kusuma Sahid Prince Hotel, dimulai. Cooking class nya bertema ASEAN Culinary Heritage. Kali ini yang menyampaikan materi adalah Arie Parikesit. Siapakah dia? Ternyata dia adalah Founder/ Chief Culinary Officer Kelanarasa Culinary Solutions.
Bahasannya kali ini ternyata tentang jenis- jenis makanan di ASEAN yang ternyata emang masih punya rasa mirip- mirip atau setidaknya punya bumbu yang sama. Oh ya saya dapet satu fakta menarik nih, ternyata RENDANG itu bukan DAGING loh artinya. Rendang berasal dari kata RANDANG yaitu proses memasak dengan cara me- randang. Apapun makanannya, sebenernya bisa di- randang ngga cuma daging sapi aja. Bisa telur, ayam, atau makanan lainnya pun bisa! :)
Daaann ternyata rata- rata negara ASEAN itu beberapa nya punya konse warung makan yang mirip seperti Warung Tegal (warteg), yang jualan di pinggir jalan juga sama menjajakan berbagai macam jenis makanan sehari- hari.
Ini kelasnya mas Arie, sekelas cuma maksimal isi 80 orang aja. Tadinya kirain sih ada masak- masak dan makan gitu ternyata enggak jadi.

11.16
Cooking classnya nggak lama ternyata. Begitu kelas selesai, saya dan Ichi langsung pindah ke kelas selanjutnya, Photoblogging. Agak ribet awalnya nyari- nyari ruangannya dimana karena nggak nemuin panitia yang mondar- mandir siap untuk ngasih tau arahan acara selanjutnya kapan dan dimana aja kelasnya. Secara ada 3 atau 4 kelas pilihan lainnya juga yang digelar barengan kelas yang saya pilih, takut ketuker aja.

Akhirnya saya dan Ichi nemu petunjuk arah. Dari awal kelas masak kelar, kita langsung lari cari lokasi kelas photoblog.
Photoblogging Class dipimpin oleh Jessica, blogger dari Malaysia. Pas pertama masuk ruang Dewandaru eh kaget, ternyata ruangannya udah penuh, untung adatempat duduk kosong di depan, saya dan Ichi buru- buru duduk depan. Gandeng DSLR bikin saya rada- gimana- gitu ikutan kelas Photoblogging. Lhah padahal sih DSLR boleh minjem aja, tapi rasanya moment nya pas aja ikutan kelas Photoblogging haha. 

Jessica cerita kalo unsur penting dalam photoblog itu ada gadget, internet, dan juga "YOU" alias si blogger nya itu sendiri. Dan sebuah photoblog yang bagus itu adalah yang punya foto yang besar dan jelas, layoutnya simpel, fotonya punya cerita, dan perlunya konsistensi dalam ngeblog, nah!
Tsah ini dia Jessica (TheJessicaT.com) dia aktif banget lho ngasih tau soal materinya, atraktif dan cantik. Oh ya,  i like her style :D

13.27
Setelah break makan siang, tibalah wisata perjalanan ke Candi Sukuh, Karanganyar. Yeaay! Oh ya saya juga se-mobil sama KC dan Rebecca, blogger dari Malaysia. Ah ya, untuk cerita ke Candi Sukuhnya kayanya lebih seru kalo share foto aja kali ya. Cerita detilnya kapan- kapan nyusul yaa. Pokoknya jalannya emang sulit sih untuk bisa sampe sana, medannya berat tapi seimbang dong ya sama pemandangan dan ilmu yang di dapet dari tour guide disana.


Akhirnya saya ke Candi Sukuh juga, pengalaman pertama nih.  Ini view depannya Candi Sukuh, di depan nya menghampar deh tuh rimbunnya pepohonan dari bukit di depannya. Adem juga disana, kebetulan abis hujan sih ditambah emang lokasinya kan tinggi.


Ini saya foto di bagian dalam Candi Sukuhnya. Di belakang saya, itu ada tangga, view dar i sana keren! Oh ya di sekeliling saya di foto ini banyak arca- arca nya juga. 
Ini pak Joko, tour guide kami. Beliau sedang menjelaskan arti dari pahatan arca yang di sebelahnya. Candi Sukuh di dunia internasional memang terkenal sebagai The Most Erotic Temple. Tapi dia bilang, erotis itu tergantung sudut pandangnya aja, tujuan candi ini dibangun bukan untuk hal ini kok.

Ini dia view Candi Sukuh dari atas, hijau semuanya. Keren!

Untung banget kita bertiga sempet foto dari atas nih, udah mau hujan lagi padahal :D
16.50

Setelah balik dari Candi Sukuh, dan rombongan satunya lagi ke Sangiran. Nah semua ASEAN bloggers ini dikumpulin di Urban Forest. Ternyata urban forest ini ada di daerah pinggir Bengawan Solo. Kami diundang untuk menanam pohon di urban forest ini, yah cuma perwakilan negara- negara ASEAN aja sih ga semua disuruh menanam pohon. Dan abis ini rasanya badan udah capeeekk banget, lemes ya. Untung ini adalah acara terakhir di hari kedua ini.


Sekia ncerita saya dari hari kedua ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013.
Enjoy the reading.
-hanna siahaan-


3 comments:

  1. Mantaaaap.... salam kenal ya.. kemaren juga ikut ini nih.. cuman nggak ikut kalo yang ke sukuh... gw ikut yang ke sangiran :D cari sodara jauh wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai aryan, salam kenal. kemarin perwakilan darimana?
      wah beda tujuan ya, belom pernah ke sangiran juga nih malah :D

      Delete
  2. mantap, sayang kemaren gak bisa ikutan acaranya mas hendri dkk ya..salam kenal kak :)

    ReplyDelete