Tetaplah Menulis

Solo, 14:43

Hal apa yang biasanya kamu lakukan kalau kamu terserang writer's block?
Tiba- tiba got stuck dan nggak bisa nulis apa- apa. Kata- kata yang bakal kamu ketik seakan menguap begitu saja tanpa bisa mengalir dengan lancar di jari-jarimu.
Lantas apa yang biasanya kamu lakukan?



Banyak orang yang mulai meninggalkan layar yang mereka hadapi saat mereka mulai menyadari kalau mereka tak dapat mengetikkan sepatah katapun. Seakan ide habis, tak tahu harus menulis apa lagi. Sebagai orang yang sering menulis, baik hal penting ataupun seringkali hal yang nggak penting, saya pastinya sering juga mengalami writer's block ini.
Biasanya hal yang saya lakukan adalah memang-meninggalkan-layar laptop saya begitu sadar setelah berbelas- belas menit belum menghasilkan suatu rangkaian kalimat yang sesuai. Bagi saya, mencari kesibukan sejenak tanpa berhadapan dengan layar laptop akan lebih menyegarkan.
Ya, segarkan pikiran. Saya rasa ketika seorang penulis mencapai titik jenuhnya untuk menulis maka itulah saatnya ia untuk berhenti menulis sebentar. Ambil waktu untuk memperhatikan sekeliling anda, sehingga pikiran anda yang sebelumnya terpaku pada layar komputer bisa me-refresh pandangan anda.

Atau jika anda ingin mencari jalan keluar, mungkin bisa dengan mengetikkan sesuatu yang nggak jelas di layar komputer yang lainnya. Mulailah berpikir tentang suatu objek, pikirkan detail objek itu, tuliskan komentar anda tanpa hent, biarkan tulisan itu mengalir dari tangan anda.

Hmmm, setidaknya ini berhasil pada saya. Seperti tulisan kali ini, saya tulis ketika saya sedang mengalami kejenuhan pada tab artikel yang satunya, hahaa. Saya tidak bisa mendapatkan ide segar untuk merekonstruksi suatu bacaan, dan pada akhirnya saya lari ke tab blog saya dan mulai menuliskan sesuatu tentang hal yang saya alami. Ya buat jaga- jaga aja biar saya tetap menyukai menulis dan tidak merasa jenuh pada aktivitas menulis, tapi saya mulai mencoba menuliskan sesuatu yang ringan.

Jadi, selamat mencoba. Mengetiklah tanpa memencet tombol backspace sehingga anda dan tangan anda bisa sinkron untuk mengetik sesuatu yang ringan yang mengalir dari pikiran anda. Tetaplah menulis! :)

Diakhiri pada 14: 53, masih di Solo.
Selamat membaca dan menulis!

Comments

Popular