Saturday, October 22, 2011

Hujan Pertama di Tahun Ini




hujan pertama di tahun ini
tanpa kisah romantis
tanpa pernah diduga
byaar! Ia turun begitu saja
tak perduli siapa saja yang terguyur

dalam keremangan kota yang redup
tanpa cahaya tak ada setitik kilau yang muncul
ia masih dengan kencangnya bergolak di luar sana
menggetarkan setiap jendela dan dinding tempatmu bersandar
membasahi setiap tempat berlindung

hujan pertama di tahun ini
membawaku pada ujung dari sebuah tanya yang besar
akankah ia mau kembali pada masa selanjutnya?
Akankah ia sudi tak muncul dengan tak berlebihan?
Akankah ia mau membawa berkah bagi setiap orang yang menantinya?
Dalam keremangan kota ini, aku diam
mencoba mencari jawab dari setiap tanya yang ada

hujan pertama di tahun ini
mungkin ia hanya sekedar perintis kawan-kawannya yang lain
mungkin ia hanya pengawal dari tuannya yang lebih besar
mungkin ia hanya sebagai lambang dari awal suatu kisah
atau mungkin pula ia hanya setitik kecil dari jumlah besar yang akan datang

hujan pertama di tahun ini
sepertinya ia muncul sebagai pengingat dosa kita
saat dari tanah yang kita pijak muncul keretakan
saat dari hijau yang kau pandang berubah, meranggas kekeringan
saat tanah yang kau tanami tak lagi menuai apapun
ketika ia mengguyur, menimbulkan setumpuk sisa kejahatanmu pada alam
menghanyutkannya, membawa semuanya itu ke hadapanmu


hujan pertama di tahun ini
akankah ada yang kedua ketiga dan kisah selanjutnya?

Wednesday, October 19, 2011

Ketika Wanita Menangis


“Ketika wanita menangis,
Itu bukan berarti dia sedang mengeluarkan senjata terampuhnya, melainkan justru berarti dia sedang mengeluarkan senjata terakhirnya.
Ketika wanita menangis,
itu bukan berarti dia tidak berusaha menahannya, Melainkan karena pertahanannya sudah tak mampu lagi membendung air matanya.
Ketika wanita menangis,
Itu bukan karena dia ingin terlihat lemah, melainkan karena dia sudah tidak sanggup berpura- pura kuat.”
(Windhy Puspitadewi dalam “Let Go”)

Sederet kalimat diatas saya temukan di sebuah novel yang baru saja selesai saya baca. Ketika membaca dan menghayati kata per kata, saya tersenyum. Sungguh, saya merasa ini bukanlah sebuah pembelaan dari para wanita, tapi saya setuju dengan petikan kalimat- kalimat di atas.
Tangisan wanita ada bukan karena mereka memang makhluk yang selalu “berpikir dengan hatinya” tetapi terkadang tangisan air mata mereka adalah sederet ungkapan kata dan rasa yang tidak mampu mereka ungkapkan kepada dunia. Bukan kejujuran yang ingin dilanggar para wanita, tapi terkadang ada kalanya tidak ada kata yang terbaik yang bisa diucapkan di saat- saat terberat di dalam hidup ini. Ada kalanya jika belum tiba waktunya, wanita enggan berucap mengenai apa beban hidupnya.

“TANGISAN ADALAH LUAPAN EMOSI JIWA YANG TERDALAM”
Saya yakin tidak ada seorang pun yang ingin terlihat lemah dengan air matanya. Tidak ada seorang pun yang ingin orang lain melihatnya meneteskan air mata. Air mata bukanlah simbol  dari kelemahan. Ada kalanya air mata yang tercurah merupakan lambang ketegaran mereka selama ini. Ya, ketegaran. Selama ini mereka hanya mampu memendam amarah, kekecewaan, kepedihan (mungkin), yang tidak pernah terucap dari bibirnya.
Yang saya tahu dari para wanita (karena saya pun salah satu dari mereka ), terkadang hati dan bibirnya tak bekerja seirama. Semakin kencang bibirnya mengucapkan kata “tidak”, maka sesungguhnya semakin kuat pula hatinya berteriak “iya”, dan sebaliknya. Saya pernah membaca kalimat ini (maaf, lupa darimana) : Ketika seorang wanita berkata “everything’s alright” tidak berarti everything's fine.
Mereka berusaha sedapat mungkin menyimpan rapat-rapat masalahnya dan kalau bisa menyelesaikannya sendiri. Atau yang paling sederhana, mereka enggan untuk mengutarakan niat, dan hanya berharap saja kalau lawan bicaranya dapat mengerti apa yang mereka inginkan. Serta bersikap seolah-olah kepala mereka transparan dan isi pikiran mereka dapat terbaca dengan begitu mudahnya.
Terkadang, saya mengamati ada benarnya juga kalimat :”Menangis itu sehat” (thanks for Gita for her own words). Ternyata, bukan hanya tertawa saja yang menyehatkan, melainkan juga sebuah tangisan. Kenapa ? Dengan menangis, beban yang ada di dalam hati akan banyak berkurang. Segala kekecewaan juga akan berkurang sedikit seiring dengan luruhnya air mata. Ingat, bedanya menangis dengan curhat hanya ada pada jumlah nya saja. Jumlah kata dan jumlah air mata yang keluar J.
Dan disini, saya cuma ingin membuka mata kalian (wahai para wanita) , tidak ada salahnya sih menangis. “Ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari”
Jikalau banyak hal di dunia ini yang telah mengecewakanmu, tidak sesuai harapanmu, bahkan menyakiti mu terlalu dalam, menangislah !

Dariku yang sedang tak menangis,
Hanna Siahaan

So, I Miss You



I miss you but I'm scared to tell u. I'm scared u won't feel the same.
It's not missing someone that hurts, it's not being missed back.
I miss u. It's a disease. Oh come on, don't follow me into my dreams.

Hey dear you, i'm missing you that bad, can you hear me? Did you feel the same ?
Hey, i miss you. Yeah you!




Someone that missed you sooo bad, (#hahaseekk)


Hanna Siahaan

Tuesday, October 18, 2011

Manusia dan Sisi Menariknya

Apa yang paling menarik dari sisi kehidupan seorang manusia?

Bagi saya, kalau seandainya saya yang mendapat pertanyaan itu, saya akan jawab : Interaksinya (dengan manusia lainnya). Mengapa?
Hal tersebut menarik buat saya, karena di dalam interaksinya manusia belajar, melakukan kesalahan, mengajarkan orang lain, dan jatuh cinta.

Menarik bagaimana manusia berproses, mempelajari segala sesuatu dari alam, dari lingkungannya, juga dari apa yang dialaminya sehari- hari. Bagaimana ia awalnya tak mengerti apa- apa, tapi kemudian ia bisa memahami, meniru, bisa mempelajari banyak hal dari hasil pengamatannya, lantas mengaplikasikannya dalam hidupnya. Menarik bagaimana seorang bocah kecil yang awalnya tak bisa berjalan tapi setelah melalui proses duduk, jatuh, merangkak,berpegangan pada tembok, berdiri, jatuh lagi, hingga akhirnya ia bisa berjalan perlahan- lahan dengan langkah yang terpatah- patah.

Menarik bagaimana manusia menghasilkan kesalahan dari hasil belajarnya selama hidupnya. Dari kesalahan yang muncul selama proses belajarnya, yang kemudian membuat seorang manusia belajar dari kesalahannya sehingga enggan melakukan salah yang sama atau terjatuh dua kali di lubang yang sama. Atau mungkin ada beberapa di antara mereka yang akan melalui proses jatuh di tempat yang sama untuk beberapa kali, bukan karena mereka enggan belajar dari kesalahan, mungkin karena mereka ingin mencari letak kesalahan mereka, dan mencoba melintasi lubang tersebut dengan hasil belajarnya. Proses belajar kreatif yang satu ini mungkin akan memakan waktu yang lama dan menyakitkan, mengingat harus berkali- kali jatuh dan bangun lantas belajar dari kesalahan.

Menarik saat manusia mengajarkan sesamanya akan suatu pengetahuan. Saat manusia mulai saling membagi ilmunya, berbagi pengalaman hidupnya agar dapat menjadi pelajaran bagi orang lain. Hey, bukankah pengalaman adalah guru terbaik, kawan? Menarik saat mengetahui masih banyak manusia di dunia ini yang tidak pelit ilmu, yang ingin melihat orang lain untuk maju juga, dan mereka kemudian mulai mengajar. Mengajar akan segala sesuatu yang kiranya dapat menjadi bekal pengalaman seseorang kelak dalam menempuh hidupnya sendiri. Mari berbagi ilmu, karena ilmu menjadi sangat berharga saat kita mulai berbagi, mengajarkan sebuah pengetahuan baru bagi orang lain.

Menarik saat mengamati, melihat, mendengarkan kisah saat manusia jatuh cinta. Ketika cinta itu merupakan hal yang paling abstrak di dunia ini, tapi saya meyakini cinta itu sebagai salah satu hal yang memiliki esensi mendalam di dalam kehidupan setiap orang. Jika masa lalu akan membentuk masa depan seseorang dan karakter hidup orang tersebut, maka CINTA adalah suatu esensi hidup yang akan membentuk tata ara seseorang mengasihi orang lain, juga bagaimana ia dapat memberi dan menerima dari orang lain.
Menarik saat mengetahui bahwa definisi cinta yang dianut setiap manusia itu berbeda- berbeda. Sama seperti kisah cinta yang dialami masing- masing dari mereka yang juga berbeda- beda. 
Menarik saat semua orang bisa saja merasakan cinta. Cinta itu universal, semua orang bisa dan pasti pernah merasakannya, meski ada sebagian orang yang memungkiri kehadirannya. Ada yang bahagia karena cinta, ada yang tersakiti karena cinta. Dan bagi saya, sisi paling menariknya terletak saat ada manusia yang sedang jatuh cinta, saat aura kebahagiaannya bisa terpancar ke orang- orang di sekelilingnya. Saat mereka tiba- tiba menjadi orang yang paling baik sedunia, saat mereka seakan- akan manusia yang tak pernah mengalami satu masalah pun dalam hidupnya.


Jadi, buatlah kisah hidup anda semenarik mungkin.
Let,s learn, let's make a mistake, let's share, let's teach, and be in love !


Have a joy,


Hanna Siahaan

Monday, October 17, 2011

17 HARI BERLALU

tujuhbelas oktober

Sudah 17 hari berlalu di bulan Oktober? Apa yang telah berhasil kamu lakukan?
Mungkin target- target kamu sepanjang bulan ini sudah terlalui separoh? Atau masih dalam proses pencapaian tujuan itu sendiri?
Well, apapun yang terjadi, masih ada sekitar 14 hari lagi untuk menyelesaikan bulan ini. Masih punya waktu sebanyak itu untuk bisa melakukan pengalaman yang menarik, masih punya banyak waktu untuk belajar dan bersenang- senang. Thanks God! :)
Kalau saya, setelah 17 hari berjalan di bulan Oktober, saya memutuskan:UNTUK GA IKUTAN IELSP DAN TEST TOEFL NYA. Saya SUDAH kena penyakit cacar sejak tanggal 11 Oktober.Saya SUDAH MELANGGAR DEADLINE untuk penerbitan Buku Kumpulan Cerpen dan Puisi LPM VISI (Lembaga Pers Mahasiswa FISIP UNS), dikarenakan saya sakit cacar yang aduhai ini. Saya sudah melewati DEADLINE untuk buletin ACTA DIURNA 16 juga, masih dikarenakan sakit juga. Saya TIDAK IKUT TAKE VIDEO INSTRUCTIONAL, masih gara- gara sakit, syukurlah temen- temen sekelompok saya masih bermurah hati mau memberikan saya tugas ganti.
Tapi...
dari sekian banyak kisah pahit itu, saya dapat keuntungan, di bulan Oktober ini setidaknya saya bisa beristirahat banyaaaakkk sekali :D
Di tengah- tengah kesibukan saya yang bikin jadwal super padat setiap harinya, tiap hari ke kos cuma mampir tidur malem dan mandi pagi, mandi sore doang bikin waktu istirahat saya jadi berkurang drastis.
Dari kecil sampai SMA, saya selalu dibiasakan untuk tidur siang setiap harinya. Jadi, begitu kuliah awal- awal tahun pertama ya masih rutin tidur siang, lama kelamaan siang hari saya masih dijalani di kampus, lama kelamaan sampai sore terkadang masih di kampus atau main entah kemana. Dan semakin parah di semester 5 ini, saat total istirahat seharinya cuma 6 jam.  Tapi, yang saya syukuri setiap harinya tidak pernah merasa mengantuk tiap paginya, selalu merasa sehat dan segar. Thanks God!
Tapi lama kelamaan daya tahan stamina tubuh saya drop, dan VOILA! cacar air dengan eloknya mampir di tubuh saya untuk pertama kalinya dalam hidup saya, ya! di Semester 5, saya mengalamu cacar perdana saya.
Dan kali ini, selama seminggu, saya kerjanya cuma berguling- guling ria di kasur. Tidur- tiduran sepanjang hari. Pokoknya benar- benar menikmati waktu 'cuti' yang diberikan kepada saya dengan maksimal, untuk tidur! Bahagia yang tak terperikan.

Hey, kamu sekalian!
Apa yang sudah terjadi di tujuh belas hari di bulan Oktober ini?
Let your dreams comes true :D
Make it happen.

Selamat berjuang, selamat menikmati hari,

Hanna Siahaan

Sunday, October 2, 2011

HELLO OCTOBER

  1. October wishes list:
    1.       Kumpulan Cerpen dan Puisi LPM VISI terbit
    2.       Buletin Acta Diurna 15 LPM VISI terbit
    Kenapa saya berharap buletin dan kumpulan cerpen- puisi tersebut terbit? Karena dua produk terbitan dari LPM VISI tersebut adalah tanggung jawab saya sebagai anak buah redaktur. Berat memang, dikejar-kejar deadline, dan juga ahrus mengejar teman sendiri ketika mereka mulai terlihat indikasi melanggar waktu deadline. Terkadang banyak excuse yang mereka berikan, dan saya masih sulit tidak memberikan toleransi yang besar terhadap keterlambatan mereka. Terlalu subjektif memang, tapi biarlah asalkan tetap terbit dan berkualitas. Kalo kata mbak Alina: Terbit yang bukan hanya sekedar ‘terbit’.
    3.       Test TOEFL nyampe angka 500!
    Dengan angka test TOEFL yang nyampe gopek gitu, semoga saya bisa ikutan beasiswa FULBRIGHT/ IELSP. Amerika boook! 8 minggu!
    Wish me the best guys :D
    4.       Pengen banget keterima jadi Liaison Officer nya Asean Para Games bareng temen- temen @ichiiii, @momowhatever @ayumuthie.
    5.       Turun 3 kilo boleh kali yaa masuk wishlist J
    6.       Nonton WESTLIFE, tapi kenyataannya sampai saat ini pun belum dapet tiketnya
    7.       And i wish youuu more handsome in everytime i look at you <3
    8.   Bisa ketemu gitu kek ya sama Rio Dewanto, :D

    Pada akhirnya semua doa dan harapan saya ini, tidak akan terkabul jikalau dilalui tanpa usaha. Maka, saya butuh semangat kalian untuk meraih mimpi dan cita- cita saya.
    "Mimpi tinggallah mimpi jika dikejar tanpa usaha" -HS


    Selamat bulan Oktober. Selamat mempersiapkan Halloween. Selamat hari Batik (2 Oktober)! :D

    With love,

    Hanna Siahaan