Saturday, December 31, 2011

2011: dan sukacitanya

Hitungan jam lagi maka kita bakal melewati tahun 2011.
Kalau saya boleh kilas balik kejadian- kejadian selama setahun ini, maka dipikir- pikir 2011 termasuk salah satu tahun terberat yang pernah saya lalui.
Tapi tetap aja sih, kalau boleh di rating, 2010 raja nya tahun terberat hehee.
Tapi (lagi) saya nggak pernah menyesal sudah bisa menjalani tahun 2011 ini, komplit sekali pelajaran yang bisa saya dapet. Pelajaran tersulit di 2011 ini menurut saya adalah mencoba untuk bisa ikhlas.
2011 dan sukacita karena sakit. sakit cacar dan jatuh dari motor yang kedua-duanya harus membuat saya beristirahat lebih dari seminggu, di kos terus. Kejadian yang hanya berselang sebulan ini membuat saya sadar betapa penyakit itu juga bisa dateng kapan aja, dan sadar! kesehatan itu jauuuh lebih mahal daripada apapun yang ada di dunia ini, obat untuk sehat itu ternyata mahal cing!
Sukacita karena tiba- tiba saya sadar Tuhan memberikan banyak pelajaran berharga dibalik kesulitan yang saya alami. Yah bahkan ketika tugas- tugas menumpuk, tanggung jawab harus dikerjakan, harus memperhatikan kondisi kesehatan juga hingga akhirnya semua berbuah pikiran yang tak kunjung usai dan malah memenuhi benak saya berhari- hari lamanya. Tapi setelah itu saya tahu, cobaan akan membuat kita belajar dan kebal nantinya :)
Sukacita karena sekalipun banyak berita yang tak menyenangkan yang harus saya dengar (atau ketahui tanpa saya inginkan), tapi malah membuat saya berjalan lebih kuat lagi menghadapi kenyataan. Bersyukur juga banyaknya cobaan kali ini tak membuat saya jatuh terlalu lama. Intinya, tak terlalu banyak tangisan di tahun 2011 ini hehe, masih lebih banyak di 2010.
Berantakan parah seluruh resolusi 2011 yang saya susun, hanya segelintir yang bisa tercapai. Karena di tengah- tengah tahun saya kehilangan semangat untuk mengejar harapan dan cita- cita yang saya susun. Bahkan saya harus bisa berlapang dada selapang-lapangnya, ikhlas banget pokoknya untuk bisa merelakan semua kesempatan (yang sekiranya emas) yang sudah saya lewatkan.
Ada beberapa orang yang datang dan pergi dalam hidup ini, demikian juga saya. Ada yang bolak- balik malah hahaa. Dan sekali lagi, saya harus ikhlas untuk bisa merelakan orang- orang yang pergi atau ikhlas mengenal orang-prang baru yang unik sikapnya yang kadang suka bikin kesel.
Saya yakin, betapapun beratnya cobaan kali ini, hingga akhirnya saya bisa sampai di ujung tahun semuanya karena Tuhan tak pernah meninggalkan saya barang sedetikpun. Cobaan yang ada membuat saya semakin kuat.

SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU 2012!

hanna siahaan


1 comment: