Manusia dan Sisi Menariknya

Apa yang paling menarik dari sisi kehidupan seorang manusia?

Bagi saya, kalau seandainya saya yang mendapat pertanyaan itu, saya akan jawab : Interaksinya (dengan manusia lainnya). Mengapa?
Hal tersebut menarik buat saya, karena di dalam interaksinya manusia belajar, melakukan kesalahan, mengajarkan orang lain, dan jatuh cinta.

Menarik bagaimana manusia berproses, mempelajari segala sesuatu dari alam, dari lingkungannya, juga dari apa yang dialaminya sehari- hari. Bagaimana ia awalnya tak mengerti apa- apa, tapi kemudian ia bisa memahami, meniru, bisa mempelajari banyak hal dari hasil pengamatannya, lantas mengaplikasikannya dalam hidupnya. Menarik bagaimana seorang bocah kecil yang awalnya tak bisa berjalan tapi setelah melalui proses duduk, jatuh, merangkak,berpegangan pada tembok, berdiri, jatuh lagi, hingga akhirnya ia bisa berjalan perlahan- lahan dengan langkah yang terpatah- patah.

Menarik bagaimana manusia menghasilkan kesalahan dari hasil belajarnya selama hidupnya. Dari kesalahan yang muncul selama proses belajarnya, yang kemudian membuat seorang manusia belajar dari kesalahannya sehingga enggan melakukan salah yang sama atau terjatuh dua kali di lubang yang sama. Atau mungkin ada beberapa di antara mereka yang akan melalui proses jatuh di tempat yang sama untuk beberapa kali, bukan karena mereka enggan belajar dari kesalahan, mungkin karena mereka ingin mencari letak kesalahan mereka, dan mencoba melintasi lubang tersebut dengan hasil belajarnya. Proses belajar kreatif yang satu ini mungkin akan memakan waktu yang lama dan menyakitkan, mengingat harus berkali- kali jatuh dan bangun lantas belajar dari kesalahan.

Menarik saat manusia mengajarkan sesamanya akan suatu pengetahuan. Saat manusia mulai saling membagi ilmunya, berbagi pengalaman hidupnya agar dapat menjadi pelajaran bagi orang lain. Hey, bukankah pengalaman adalah guru terbaik, kawan? Menarik saat mengetahui masih banyak manusia di dunia ini yang tidak pelit ilmu, yang ingin melihat orang lain untuk maju juga, dan mereka kemudian mulai mengajar. Mengajar akan segala sesuatu yang kiranya dapat menjadi bekal pengalaman seseorang kelak dalam menempuh hidupnya sendiri. Mari berbagi ilmu, karena ilmu menjadi sangat berharga saat kita mulai berbagi, mengajarkan sebuah pengetahuan baru bagi orang lain.

Menarik saat mengamati, melihat, mendengarkan kisah saat manusia jatuh cinta. Ketika cinta itu merupakan hal yang paling abstrak di dunia ini, tapi saya meyakini cinta itu sebagai salah satu hal yang memiliki esensi mendalam di dalam kehidupan setiap orang. Jika masa lalu akan membentuk masa depan seseorang dan karakter hidup orang tersebut, maka CINTA adalah suatu esensi hidup yang akan membentuk tata ara seseorang mengasihi orang lain, juga bagaimana ia dapat memberi dan menerima dari orang lain.
Menarik saat mengetahui bahwa definisi cinta yang dianut setiap manusia itu berbeda- berbeda. Sama seperti kisah cinta yang dialami masing- masing dari mereka yang juga berbeda- beda. 
Menarik saat semua orang bisa saja merasakan cinta. Cinta itu universal, semua orang bisa dan pasti pernah merasakannya, meski ada sebagian orang yang memungkiri kehadirannya. Ada yang bahagia karena cinta, ada yang tersakiti karena cinta. Dan bagi saya, sisi paling menariknya terletak saat ada manusia yang sedang jatuh cinta, saat aura kebahagiaannya bisa terpancar ke orang- orang di sekelilingnya. Saat mereka tiba- tiba menjadi orang yang paling baik sedunia, saat mereka seakan- akan manusia yang tak pernah mengalami satu masalah pun dalam hidupnya.


Jadi, buatlah kisah hidup anda semenarik mungkin.
Let,s learn, let's make a mistake, let's share, let's teach, and be in love !


Have a joy,


Hanna Siahaan

Comments

Popular