Sekolah

Hari ini begitu saya bongkar- bongkar koleksi foto saya, tiba-tiba aja refleks milih dan buka foto dari jaman SMA dulu. Masa- masa SMA kelas 2 (tiba-tiba sadar begitu gak bangetnya gaya foto saya dulu)




captured by Widya

Nggak pernah kebayang aja sebelumnya kalo saya sudah melalui bertingkat- tingkat pendidikan hingga saat ini. Dan nggak terasa aja kalo waktu berjalan tanpa pernah terasa pergerakannya. Dulu rasanya baru mulai ospek, masih seneng- senengnya jalan- jalan dan menikmati waktu lowong yang kosoooong banget sebagai 'new fish'.

DAN SEKARANG!
Tiba- tiba saya SADAR kalo sudah punya dua angkatan dibawah saya. That means that i'm on-my-3rd-year! Oh my banget, ketika sadar betapa tua nya saya. Dan sudah separuh jalan menuju TOGA idaman seluruh umat mahasiswa di seluruh dunia.
Dan kegalauan yang abu-abu ini didukung juga dengan hasil pembicaraan saya, @riirinuli , dan Rhesa tadi siang yang (lagi- lagi) tentang betapa sulitnya perjuangan kami dulu waktu berusaha mendapatkan tempat kuliah terbaik, betapa ketatnya seleksi demi seleksi yang harus kami lalui, betapa banyak peluh dan tangis (well, yang terakhir ini mungkin saya aja sih yang tangis menangis) untuk bisa kuliah-di-univ-negeri. Dan Puji Tuhan, sekarang doa saya sudah terjawab :)
Tapi hidup memang tak semudah itu kawan. Satu batu loncatan mungkin berhasil kamu lalui, namun dibalik itu sesungguhnya masih banyak rintangan lain yang masih setia menguji kejelian dan ketangguhan kita. Saya memang sudah mulai merasakan beratnya kuliah semester 5 ini bahkan sejak sebelum perkuliahan dimulai. Mendengar cerita (yang ujung-ujungnya malah mirip keluh kesah menyeramkan) dari para senior tentang perjuang berpeluh- peluhnya mereka di semester 'pembuka' akan semester- semester menyeramkan selanjutnya (semester 6, dst).
Entah kenapa dari awal kuliah saya mencoba untuk tak pernah ambil pusing memikirkan semester 5 ini dan beratnya tugas mahakarya nya nanti.
Ya semoga saja kelak saya bisa berbangga dan berpuas hati melihat hasil kerja keras saya selama kuliah ini. Semoga kelak di tahun 2013, bulan Juni, hari Kamis ceria yang indah, saya ada di Auditorium UNS mengenakan toga. Semoga......


Selamat berjuang kawan,

Hanna Siahaan

Comments

Popular